Strategi Pengelolaan SDM Yayasan untuk Kesejahteraan Karyawan dan Optimalisasi Yayasan

yayasanalfatihah

FORUMYAYASAN.ORG – Forum Yayasan Indonesia menyelenggarakan webinar dengan tema “Urgensi Pengelolaan SDM” bersama dengan Mbak Ummi Latifah selaku HRD dari Yayasan Al-Fatihah yang berada di Semarang, Jawa Tengah. Webinar ini diadakan pada Selasa (18/07/2024) dan dihadiri oleh member Forum Yayasan Indonesia yang dimulai dari pukul 20.00 WIB hingga 22.00 WIB.

Webinar Forum Yayasan Indonesia “Urgensi Pengelolaan SDM”

Strategi pengelolaan yayasan yang dijelaskan oleh mbak Ummi Latifah dalam sesi pemaparan materi adalah dengan menghadirkan staf khusus yang mengelola SDM, pengelolaan administrasi, paham pengelolaan SDM antar generasi, membangun KPI (Key Performa Indikator) atau penilaian kinerja, membangun budaya kerja, mengadakan pelatihan dan pengembangan untuk karyawan, Adanya evaluasi SDM bermasalah dan melakukan pemutusan hubungan kerja untuk SDM yang toxic.

Ketika merekrut staf khusus untuk pengelolaan SDM, Mbak Ummi menyampaikan bahwa orang tersebut harus memiliki mentalitas yang kuat dan memiliki pendirian yang teguh serta keilmuan akan manajemen SDM karena terdapat berbagai macam karakter manusia dan juga terdapat banyak perbedaan generasi. “Merekrut HRD harus yang berani dan mempunyai mental, gak baperan. Karena akan menghadapi karyawan yang berbagai macam jenis karyawan yang terkadang banyak sekali , jangan sampai HRD itu ikut arus jadi harus memiliki pendiriannya sendiri” ungkap Mbak Ummi Latifah, Selasa (17/7/2024) secara daring via Zoom Meeting.

Pada sesi tanya jawab terdapat beberapa member yang sharing terkait dengan problematika yayasannya yang salah satunya adalah ustadz Awan yang bertanya tentang perbedaan jenis karyawan yang konseptor dan eksekutor yang mana dijelaskan oleh pembicara tentang perbedaan tersebut yang memang berhubungan dengan beragamnya jenis karyawan, oleh sebab itu perlu adanya pengelolaan SDM (Sumber Daya Manusia) karena SDM atau manusia itu memiliki berbagai karakter dan kepribadian serta keunikannnya sehingga diperlukan untuk pengelolaan dari tiap manusia yang ada ini.

Adapun selama 2 jam webinar yang diisi oleh pemaparan materi oleh mbak Ummi Latifah dan juga sesi tanya jawab oleh peserta yang juga terdapat sharing disesi tersebut menjadikan wawasan baru untuk para peserta webinar yang sebagian besar adalah pemilik dan juga pengelola yayasan yang tentunya penting sekali untuk faham terkait materi pengelolaan SDM ini.

Baca Juga : Pentingnya Media Yayasan: Sharing Bersama untuk Mengetahui Manajemen dan Pengembangan Media Yayasan

Leave a comment