FORUMYAYASAN.ORG – Forum Yayasan Indonesia menyelenggarakan webinar yang melibatkan para membernya secara langsung pada minggu terakhir di bulan Juni dengan tema “Bongkar Strategi Fundraising 250 Juta/ Bulan melalui FB Ads” yang disampaikan oleh Ustadz Arif Muhrojin selaku Pimpinan Yafim pada Selasa (25/6/2024). Webinar dilaksanakan mulai pukul 20.00-22.00, Dengan agenda yang berupa sesi pemaparan materi yang disampaikan oleh Ustadz Arif dan dilanjutkan dengan sesi tanya jawab.

Dalam pemaparannya terkait strategi fundraising, Ustadz Arif menyampaikan bahwa tujuan utama dalam beriklan adalah mendapatkan database sebanyak-banyaknya, karena banyaknya database dapat berpotensi dalam membesarkan program yayasan, dan memperluas traffic jangkauan iklan.
Melalui webinar “Bongkar Strategi Fundraising 250 Juta/ Bulan melalui FB Ads” yang diselenggarakan Forum Yayasan Indonesia ini beliau juga memberikan tips dan persiapan untuk beriklan, berupa:
- Inovasi ide
Inovasi ide bisa didapatkan melalui research pada platform Ads Library, dengan menemukan konten-konten tepat lalu diidentifikasi keunikannya, dan setelahnya dieksekusi dengan rumus ATM (amati, tiru, modifikasi).
- Kebutuhan skill
Untuk mencapai banyaknya pengunjung dari iklan dibutuhkan skill yang menunjang pelaksanaan program seperti, kemampuan ngiklan sejumlah 30%, persiapan program, konten, budget iklan, Landing page, dll sejumlah 50%, dan kematangan pola pikir dan mentalitas sejumlah 15%. Karena semakin menarik konten maka retensi click dari pengunjung akan semakin tinggi.
- Evaluasi
Evaluasi akan didapatkan dari hasil uji coba iklan, apabila kurang menarik maka perlu untuk mengganti interest dan identifikasi minat dari donatur. Mindset yang perlu ditanamkan dalam beriklan adalah “jangan pernah takut boncos, karena dengan boncos kita akan banyak belajar dari kesalahan” papar Ustadz Arif dalam webinar malam ini.
Webinar Forum Yayasan Indonesia kali ini juga tidak kalah menarik, dengan hadirnya Mas Bowo selaku founder dari Yayasan Alfatihah. Beliau menyempatkan diri untuk sharing dan ikut berbagi ilmu bersama para peserta terkait pengembangan yayasan, khususnya manajemen Customer Service.
Dalam penjelasannya beliau memaparkan bahwa KPI seorang Customer Service itu bergantung pada jobdesknya. Karena jobdesk dari Customer Service tidak hanya sekedar broadcast ajakan sedekah, melainkan follow up donatur, komen story donatur, mendoakan donatur, bahkan hingga telpon donatur untuk menanyakan kabar jika perlu.
Mas Bowo juga menjelaskan bahwa perlu untuk menentukan customer service yang memiliki kapabilitas baik, berwawasan tinggi, dan berkepribadian baik sehingga dapat sejalan dengan culture yang dimiliki tiap Yayasan.
Webinar “Bongkar Strategi Fundraising 250 Juta/ Bulan melalui FB Ads” diakhiri dengan closing statement yang disampaikan oleh Ustadz arif yaitu “Jangan membahas donasi sebelum ada traffic dari iklan, jika tidak mulai ngiklan dari sekarang kita akan terus tertinggal. Maka sebagai pengelola yayasan harus rajin belajar dan mengulik, belajar dari kesalahan dan jangan sampai menyerah, serta berupaya untuk berhasil dalam beriklan”.
Baca Juga : Mengoptimalkan Regenerasi Fundraising Yayasan bersama Ustadz Riki Ariyadi