FORUMYAYASAN.ORG – Forum Yayasan Indonesia kembali melaksanakan webinar mingguannya dengan tema “Sharing Google Ads untuk Yayasan” secara daring melalui zoom meeting pada hari Jum’at (20/9/2024). Webinar dengan materi tentang digital marketing dan juga google ads untuk yayasan ini diselenggarakan khusus bagi para member yang bergabung dalam Forum Yayasan Indonesia. Webinar yang dilaksanakan pada pukul 20.00 WIB hingga 22.00 WIB ini menghadirkan Ihsanul Fikri selaku Manajer Google Ads Yayasan Al Fatihah yang terletak di Semarang, Jawa Tengah.
Webinar ini dilaksanakan dengan 2 sesi yaitu sesi pemaparan materi yang diisi oleh pembicara dengan sharing informasi terkait Digital marketing dan juga google ads untuk yayasan yang mana sudah ditekuni dan banyak dipelajari oleh pemateri dan dilanjutkan dengan sesi tanya jawab interaktif yang mana berhasil memberikan saran ataupun menjawab pertanyaan peserta webinar terkait permasalahan dan juga kendala dari masing-masing peserta webinar.

Pada sesi pemaparan materi, diawali oleh Mas Fikri dengan menjelaskan tentang digital marketing secara harfiah yang mana Mas Fikri mengungkapkan bahwa “Digital marketing itu ya gimana caranya kita bisa ngepush produk, bisnis, yayasan kita atau apapun di dunia digital, sekarangkan sudah online terus yang mana dulunya kita marketing secara tradisional, atau secara konvensional sekarang lebih gampang lewat digital marketing dan google ads adalah salah satu dari digital marketing”. Selanjutnya menjelaskan tentang materi jenis Digital marketing yang didalamnya terdapat SEO (Search Engine Optimization),PPC( pay per click), sosial media marketing, content marketing, email marketing, affiliate marketing, influence marketing dan juga analythic.
Fikri juga banyak menjelaskan tentang google Ads yang mana ini berfungsi untuk memberikan peluang bagi bisnis maupun program yayasan agar bisa muncul di pencarian teratas dari pencarian google atau jaringan yang berhubungan dengan google tersebut. adapun manfaat google ads untuk yayasan adalah untuk bisa membangun awareness, menjangkau audience yang tepat, Biaya PPC yang lumayan murah dan terjangkau serta bisa mengoptimasi kinerja dari iklan yang ada. Penjelasan yang selanjutnya dibahas dalam sesi pemaparan materi ini adalah waktu yang tepat untuk beriklan menggunakan google ads untuk yayasan adalah disaat menginginkan hasil yang cepat, untuk campaign musiman dan juga disaat menginginkan spesifikasi audience. Adapun baiknya iklan menggunakan google ads yaitu stabilnya iklan, minimnya kompetitor dan juga lebih tertarget.
Webinar kali ini diakhiri oleh Mas Fikri dengan harapan para peserta yang hadir bisa paham atau pun mengerti bahwa bisa menggunakan iklan melalui google ads untuk yayasan yang dijalankan.
Baca Juga : Panduan Lengkap Hosting Untuk Website Yayasan : Solusi untuk Keterjangkauan dan Keamanan