
Ada sejumlah tahap Fundamental Digital Fundraising yang bisa kamu jalankan untuk melejitkan funding yayasan. Sejumlah tahapan ini disampaikan oleh Ustaz Imam Chandra dalam webinar yang diselenggarakan oleh Forum Yayasan Indonesia atau FYI dengan tema Fundamental Digital Fundraising pada 2 April 2024 pukul 21.00 hingga 23.00 WIB melalui Zoom Meeting.
Konsep fundraising online yang diberikan oleh Ustaz Imam Chandra tentang tahap Fundamental Digital Fundraising pun menjadi topik yang menarik untuk para peserta dari berbagai pengelola dan pendiri yayasan di seluruh Indonesia pelajari. Menurut Ustaz Imam Chandra tahap Fundamental Digital Fundraising perlu dilakukan, karena banyak konten buruk yang tersebar luas di internet. Daripada para pengguna internet di Indonesia ini hanya melakukan transaksi untuk tujuan bermain game online saja, lebih baik lembaga Islam terjun untuk memberikan opsi proyek kebaikan yang lebih bermanfaat. Ketimpangan kondisi ini tidak boleh dibiarkan tanpa upaya untuk menghadirkan pilihan yang lebih bermanfaat sekaligus membantu banyak orang yang kemanfaatannya tidak hanya berakhir di dunia, tapi di akhirat juga.
Menurutnya, daripada perputaran uang yang terjadi di internet hanya untuk bermain game online dan hal-hal yang buruk, seorang muslim harus mengambil kesempatan itu untuk memfasilitasi banyak orang memberikan uangnya untuk hal yang lebih bermanfaat, seperti donasi dan sedekah ke yayasan atau lembaga. Inilah mengapa masing-masing yayasan harus memahami betul tentang proses digitalisasi fundraising dengan menjalankan tahap Fundamental Digital Fundraising.
Sebagai salah satu pendiri Yayasan Ismuhu Yahya, Ustaz Imam Chandra mengaku telah berhasil menerapkan konsep Fundamental Digital Fundraising di yayasannya dan berhasil meraup hingga lebih dari 160 Milyar sejak tahun 2020 hingga sekarang untuk pembangunan masjid Ismuhu Yahya. Hal inilah yang menjadikan penerapan tahap Fundamental Digital Fundraising yang disampaikan olehnya dalam webinar FYI kali ini sangat aplikatif untuk para peserta yang berasal dari berbagai pengelola yayasan.
Ada sejumlah hal yang harus diperhatikan oleh para pengelola yayasan jika ingin berhasil untuk menjalankan tahap Fundamental Digital Fundraising. Menurut Ustaz Imam Chandra ada 3 konsep penting dalam menjalankan fundraising online, yaitu perlu adanya mindset untuk berjuang, mindset hal kecil akan berdampak besar, dan pembentukan tim yang baik. Tiga hal tersebut menjadi konsep dasar yang disampaikan oleh pemateri kali ini dalam webinar yang secara rutin dilaksanakan oleh FYI (Forum Yayaysan Indonesia) setiap minggunya.
Tak hanya itu, Ustaz Imam Chandra juga menyapaikan bahwa ada 4 tahap Fundamental Digital Fundraising yang menjadi pondasi dasar untuk mendukung keberhasilan penerapan fundraising secara digital. 4 Tahap Fundamental Digital Fundraising menurut Ustaz Imam, yaitu
Program
Maksud dari pentingnya menyusun program yang baik adalah program yang disusun harus dilakukan dan direalisasikan sehingga tujuan baik yang akan dijalankan Allah ridai. Menurutnya berbuat baik tidak boleh hanya sekadar mengejar kerapihan struktur, tetapi juga harus amanah dalam menjalankan apa yang akan, sedang, dan telah dikampanyekan.
Konten
Kemudian, poin mengenai konten ini akan sangat menunjang kampanye yang akan dan sedang dilakukan. Tak hanya bertujuan untuk mendokumentasikan program yang dijalankan, konten yang dibuat juga bisa didesain untuk tujuan promosi dan iklan. Hal inilah yang kemudian ternyata masih menjadi kekurangan banyak yayasan yang mengikuti webinar FYI kali ini.
Campaign
Poin berikutnya yang bisa mempengaruhi tahap Fundamental Digital Fundraising adalah campaign atau kampanye. Konten yang telah dibuat dari dokumentasi kegiatan yang telah dilakukan itulah yang bisa dijadikan sebagai campaign dalam bentuk iklan, baik iklan di media sosial maupun di paltform lainnya.
Customer Service
Terakhir, poin yang tak kalah penting jika ingin tahap Fundamental Digital Fundraising yang dilakukan berhasil adalah optimasi kinerja customer service. Maksud dari CS di sini adalah database donatur atau orang yang telah melakukan transaksi lewat iklan yang telah dijalankan harus dikelola dan didata dengan baik. Data orang-orang atau donatur yang pernah bertransaksi ke lembaga atau yayasan ternyata bisa membantu kondisi campaign yang sedang dan akan dijalankan lebih maksimal. Terutama dalam mengenalkan dan memasarkan informasi produk dan jasa tanpa sepenuhnya mencari pelanggan baru atau calon pelanggan baru.

Seluruh pembahasan yang menarik seperti dalam webinar ini bisa kamu ikuti dan pantau informasinya di laman www.forumyayasan.com. Berbagai webinar yang menarik dengan topik pendirian yayasan dan pengelolaan lembaga juga bisa kamu ikuti di sana. Tak perlu khawatir akan kehabisan akses kelasnya, sebab webinar dari Forum Yayasan Indonesia ini rutin dilakukan setiap pekannya! Tunggu apalagi? Jadilah inovator di lembaga dan yayasanmu dengan mengikuti webinar di FYI. Saatnya lejitkan potensi lembagamu dengan belajar bersama FYI sekarang juga!